Pengertian Dari File Dan Folder

Posted by : Unknown
Rabu, 29 Oktober 2014

  • Pengertian File adalah kumpulan berbagai informasi yang berhubungan dan juga tersimpan di dalam secondary storage, secara konsep file memiliki beberapa tipe ada yang bertipe Data terdiri dari numeric, character dan binary. Lalu ada juga file yang bertipe program. Atau Definisi file adalah arsip ataupun data yang tersimpan di dalam komputer.



File di komputer pada umumnya disimpan di dalam suatu folder tertentu tergantung si pemilik komputer tersebut ingin dimana ia menyimpannya, setiap file memiliki ekstensi masing-masing tergantung jenis file itu sendiri. Ekstensi file adalah sebagai tanda yang membedakan jenis-jenis dari file.




Definisi dan pengertian file











Berikut ini contoh jenis file dan macam-macam ekstensinya:


  • System= sys, com, bak, bat, tmp, dan exe.
  • Video= avi, KV, mpg, mpeg, wmv, 3gp, dan flv.
  • Dokumen= html, doc, odt, xls, ods, dan pdf.
  • Suara= wav, rm, mp3, dan midi.
  • Gambar= jpeg, jpg, gif, png tif dan tiff.
  • Dan lain-lain.

Pengertian file menurut beberapa ahli, bisa di simak di bagian bawah ini:
Menurut Hendrayudi ~ "File adalah data-data yang tersimpan dalam media yang mempunyai informasi besar file, tanggal & jam penyimpanan file, nama file, ciri file (ciri aplikasi yang membuat), & attribut file."

Lalu menurut Rachmad Hakim S. ~ "File merupakan dokumen yang mengandung informasi tertentu & dapat dibuka dengan program."

Sindhunata ~ "File adalah kumpulan catatan atau arsip."

Terus menurut Mcleod (PEARSON) ~ "File adalah koleksi record yang saling berhubungan, seperti satu file dari seluruh record yang berisi field kode-kode mata kuliah & namanya." 
Sedangkan menurut Edi S. Mulyanta ~ "File merupakan urutan data yang digunakan untuk melakukan encode informasi digital untuk urusan penyimpanan & pertukaran data." 
  • Pengertian folder adalah suatu tempat untuk menyimpan ataupun menampung file-file, baik itu file sistem maupun file data atau dokumen. Icon folder sendiri di komputer umumnya berbentuk kecil seperti amplop berwarna kuning atau coklat. Folder dapat kita buat pada desktop komputer maupun pada drive-drive dalam komputer sesuai dengan kebutuhan. File yaitu kumpulan data-data baik berupa angka, teks, gambar, video, slide, program dan sebagainya yang diberi nama tertentu secara digital, sedangkan folder atau directory yaitu tempat untuk menyimpan file tersebut.

    Bisa di analogikan misalnya surat keluar sudah di kemas rapi didalam satu amplop atau map yang dimana pada labelnya bertuliskan “Data masukan”.

    Definisi Dan Pengertian Folder

    Lalu yang disebut dengan file yaitu amplop atau map dan isi dari map itu sendiri.  Sedangkan yang disebut dengan folder yaitu laci atau tempat penyimpanan dari sebuah meja kerja atau bisa juga sebuah tempat penyimpanan dari lemari berkas. Sedangkan meja atau lemari tersebut bisa di umpamakan juga dengan hard disk, jadi: kesimpulannya
  • Meja atau lemari di umpamakan Hard Disk.
  • Laci atau media penyimpanan pada meja atau lemari di umpamakan Folder.
  • Map di umpamakan File.

Jadi dapat di simpulkan fungsi folder yaitu tempat dimana file, khususnya file di dalam suatu komputer disimpan dengan rapi agar si pengguna komputer tersebut dapat dengan mudah jika ingin mengakses file tersebut.



Itulah pengertian folder secara umum, semoga postingan artikel kali ini dapat bermanfaat bagi yang membaca khususnya dalam menambah wawasan.

0 komentar:

Copyright © 2012 Pengelolahan Informasi | Another Theme | Designed by Johanes DJ